3 Tempat Instagramable di Bandung yang Penuh Lukisan Mural

Sejauh ini banyak orang yang menyamaratakan istilah untuk corat-coret di tembok, baik yang tidak beraturan, memiliki simbol khusus atau juga yang membentuk sebuah karya seni indah dengan nama vandal atau juga graffiti. Namun ternyata tidak semua corat-coret itu dapat disebut vandal atau graffiti, bahkan dikategorikan dalam kelompok mural.

Secara umum aksi atau seni corat-coret tembok tersebut dibagi menjadi beberapa macam, yaitu mural, graffiti, vandalĀ  dan juga street art. Mural adalah teknik atau seni menggambar di permukaan luas dengan menggunakan cat atau spray yang berfungsi untuk menunjukkan eksistensi diri sang pembuatnya atau untuk tujuan tertentu.

Sedangkan graffiti lebih ke seni corat-coret dinding atau permukaan datar lain dengan menggunakan cat semprot yang tidak terlalu menekankan pada sisi artistiknya, melaikan pada tema dan makna gambar. Street art sendiri lebih mirip dengan mural yang juga menggabungkan teknik graffiti untuk menciptakan sebuah karya seni menarik di sebuah permukaan datar. Vandal adalah aksi corat-coret yang tidak memiliki unsur keindahan sama sekali dan cenderung merusak fasilitas umum.

Terlepas dari arti-arti aksi dan seni corat-coret tersebut, di Bandung sendiri mulai dari beberapa tahun lalu sudah ada banyak tempat yang memang disediakan untuk dijadikan media penciptaan mural dan kini terkenal serta sangat Instagramable. Pengen tahu tempat mana saja itu? Berikut daftarnya.

Bandung Creative Hub (BCH)

Bandung Creative Hub (BCH)

Memang sempat terbengkalai selama beberapa waktu, akhirnya pada akhir tahun 2017 kemarin, mantan Walikota Bandung, Ridwan Kamil, meresmikan Bandung Creative Hub (BCH) yang memang sengaja diciptakan sebagai wadah terciptanya industri kreatif di kota tersebut. BCH yang didirikan sampai dengan 5 lantai tersebut dilengkapi dengan segudang fasilitas dan area penyaluran kreativitas.

Selain itu, bagi yang doyan selfie atau juga mengabadikan foto diri, maka dapat berkunjung ke BCH ini dan berfoto di hiasan mural yang terpampang apik di tembok-tembok gedung di setiap lantai. Banyak karakter yang digambar oleh para pelukis mural tersebut, seperti salah satu icon Kota Bandung sendiri, yaitu Si Cepot.

Kampung Cibunut

Kampung Cibunut

Seperti halnya daerah-daerah lain di Indonesia, di Bandung sendiri juga terdapat banyak sekali gang-gang besar sampai dengan yang memiliki luas cukup kecil. Tidak hanya itu saja, gang-gang sempit di Bandung tersebut sering kali membuat orang bingung untuk dapat mencari jalan keluar karena tidak adanya penanda khusus di tempat tersebut.

Untuk itu, ada sebuah Kampung Cibunut yang awalnya tidak berbeda dengan kampung di Bandung pada umumnya yang akhirnya oleh mantan Walikota Bandung, Ridwan Kamil, diresmikan sebagai kampung wisata. Hal itu tidak lepas dari program yang dilaksanakan oleh warga Cibunut untuk merombak kampungnya menjadi menarik dan bernuansa Instagramable dengan hiasan mural di sana dan sini serta warna-warna yang sangat menarik hati.

Terminal Leuwi Panjang Bandung

Terminal Leuwi Panjang Bandung

Apa yang ada di benakmu ketika mendengar kata terminal? Tentunya yang akan terlintas adalah sebuah daerah yang dipenuhi dengan kendaraan besar dan angkutan umum dengan segala keruwetan, kotor, panas dan bau tak sedap lainnya. Namun justru di Terminal Leuwi Panjang Bandung, hal tersebut nyaris tidak akan kamu dapatkan karena sejak menjelang Lebaran tahun 2018 kemarin, terminal tersebut menjadi layaknya arena berfoto karena banyaknya hiasan dan gambar-gambar mural dari dinding-dinding ruang tunggu sampai flyovernya.

Kabarnya, ide perombakan wajah Terminal Leuwi Panjang Bandung agar lebih menarik ini datang dari seorang seniman yang asli berasal dari Bandung, John Martono. Dia dan masyarakat setempat bergerak dan menggarap ide sekaligus mewujudkannya secara bersama-sama sampai dengan terciptanya area cantik dan Instagramable itu.

Rick Coleman Written by:

Comments are closed.