3 Tempat yang Paling Angker di Bandung

Memang segala sesuatu yang berhubungan dengan dunia lain selain menyeramkan juga selalu bikin penasaran bagi setiap orang untuk mengetahui sejarah sampai dengan membuktikan eksistensi dari makhluk-makhluk tak kasat mata yang menunggu suatu tempat yang dianggap angker. Tak heran jika sampai sekarang banyak sekali orang-orang yang memberanikan diri mengunjungi berbagai tempat mistis hanya untuk menguji adrenalin dan menantang diri sendiri.

Pada umumnya, tempat-tempat mistis tersebut adalah berupa bangunan tua ataupun lokasi alam yang masih jarang tersentuh tangan manusia. Nah, Bandung termasuk salah satu kota di Tanah Air yang punya banyak tempat yang diklaim memiliki kisah misteri dan sering dijadikan tempat uji nyali. Ingin tahu di mana saja tempat atau bangunan tersebut, berikut daftarnya.

Bandung Medical Center

Bandung Medical Center

Bandung Medical Center merupakan bangunan yang dulunya pernah digunakan sebagai rumah sakit yang sudah dibiarkan terbengkalai dan tak dioperasikan lagi sejak bertahun-tahun. Bangunan yang digunakan oleh Bandung Medical Center itu adalah bangunan lawas buatan Belanda. Untuk masalah sejarah kepemilikannya, sampai sekarang masih simpang siur. Ada yang menyebutkan dimiliki oleh seorang Belanda yang mati mendadak dan ada pula yang mengatakan bahwa dulunya bangunan tersebut milik Polri yang akhirnya terbengkalai karena bersengketa dengan pihak pemilik tanah.

Walaupun ada tulisan besar, “Dilarang Masuk,” namun tidak sedikit yang melanggarnya hanya untuk sekedar melakukan uji nyali dan ‘menantang’ para penunggu bangunan itu. Tidak sedikit pula yang akhirnya kesurupan ketika memasuki area dan bagian dalam bangunan tersebut.

Rumah Kentang

Rumah Kentang

Selain di Jakarta yang ada satu bangunan yang dikenal dengan nama Rumah Kentang Prapanca, di Bandung pun ada sebuah rumah di Jalan Aceh yang berdekatan dengan Lapangan Saparua yang kabarnya dibangun sejak zaman Belanda juga dikenal dan disebut dengan nama Rumah Kentang. Rumah ini terkenal keangkerannya oleh masyarakat sekitar.

Uniknya, cerita awal dari Rumah Kentang yang ada di Bandung dan Rumah Kentang Prapanca adalah sama, yaitu ada sebuah kejadian di mana ibu pemilik rumah yang pada waktu itu sedang memasak rebusan kentang di kuali besar tanpa sengaja teledor dalam menjaga anaknya yang digendongnya. Dikarenakan keteledorannya itu, anak kecil tersebut terjatuh ke dalam kuali dan tewas seketika. Oleh karena itu, menurut masyarakat sekitar, pada malam-malam tertentu sering tercium bau kentang rebus yang sangat menyengat berasal dari rumah yang sudah kosong ini.

Patung Pastor Verbraak

Patung Pastor Verbraak

Ketika siang hari, patung yang dikenal dengan nama Patung Pastor Verbraak ini tidak berbeda dengan kebanyakan statue atau patung pada umumnya, namun hawa mistis akan kental terasa jika pergi dan sengaja berdiam diri di tempat tersebut pada malam hari. Pasalnya, banyak kabar mistis tentang  yang diteruskan dari mulut ke mulut dari generasi ke generasi terkait dengan patung seorang pastor bernama Henricus Christiaan Verbraak tersebut.

Patung yang dibuat oleh Pemerintah Belanda pada tanggal 27 Januari 1922 itu dirancang oleh seorang seniman bernama G. J. W. Rueb. Mitosnya, di malam hari patung tersebut dapat bergerak sendiri. Hanya saja, sampai sekarang ini yang terdengar dan beredar di masyarakat hanyalah kabarnya saja dan tidak ada bukti pastinya. Ditambah lagi, kurangnya penerangan atau lampu di sekitar tersebut membuat kesan horor semakin terasa. Bahkan ketika terkena lampu, wajah dari Patung pastor Verbraak tersebut terlihat seperti sedang menoleh.

Rick Coleman Written by:

Comments are closed.