6 Komunitas Keren yang Ada di Bandung

Mungkin selama ini dalam hal kumpulan, Bandung identik dengan sebuah kota yang menjadi pusat atau tempat di mana kelompok suporter Persib Bandung yang menamakan dirinya Viking atau juga Bobotoh berada. Hanya saja, ternyata tidak hanya dalam hal olahraga sepakbola saja, Bandung juga memiliki banyak komunitas-komunitas lain yang tak kalah menariknya. Seperti apa sajakah komunitas-komunitas yang berdiri dan besar di Bandung? Berikut daftarnya.

Komunitas Share

Komunitas Share adalah sebuah wadah untuk orang-orang dari berbagai kalangan, umur dan latar belakang untuk bersama-sama melakukan aksi sosial kepada para tunawisma dan orang-orang yang tidak mampu yang mereka temui di jalanan. Dengan mengusung tagline, “Shdaqah in Togetherness,” komunitas yang didirikan per bulan Januari 2018 kemarin tersebut selalu membagikan 50 sampai 100 porsi makanan, pakaian bekas layak pakai atau juga yang baru dan alat-alat salat. Walaupun tidak setiap hari melakukan aksinya, namun ketika sedang beraksi, anggota dari komunitas ini selalu mengambil waktu malam hari atau pagi setelah Subuh.

Bandung Cantik MUA Community

Awal didirikannya Bandung Cantik MUA Community adalah ketika Novianti Sulusiah merasa kasihan dan ingin berbagi sekaligus membantu ibu-ibu yang menganggur, akhirnya wanita sat ini membangun salon Bandung Cantik pada tahun 2013 lalu yang mana bertujuan untuk memberikan pelatihan kepada siapa saja yang ingin mendapatkan ilmu tentang segala hal terkait dengan perawatan dan kecantikan. Sayangnya, merasa kurang maksimal karena harus memberikan pelatihan dari rumah ke rumah, akhirnya Novi memutuskan untuk menciptakan komunitas dengan nama Bandung Cantik MUA Community per tahun 2015. Banyak aktivitas yang dilakukan setiap kali ada gathering, termasuk juga sharing pengalaman dan pengetahuan antar-sesama anggota.

Aksakun

Berawal dari keinginan untuk menjaga, merawat dan juga melestarikan aksara-aksara kuno peninggalan negeri sendiri, akhirnya ada sekelompok anak muda di Bandung yang berinisiatif untuk menciptakan satu komunitas yang bergerak dalam hal tersebut dengan nama Aksakun atau Aksara Kuna Nusantara. Pertama-tama,  komunitas ini berjalan dengan saling berbagi atau ajar mengajar terkait dengan bahasa-bahasa yang pernah digunakan di Indonesia zaman dahulu, namun lama kelamaan, Aksakun juga membahas masalah peninggalan sejarah kuno lainnya.

Aleut!

Berasal dari Bahasa Sunda yang berarti sekelompok orang yang berjalan beriringan, Aleut kemudian dijadikan sebagai nama komunitas di Bandung satu ini. Memang tidak ada agenda khusus dalam komunitas satu ini karena intinya adalah kebersamaan dalam melakukan suatu aktivitas, seperti belajar sejarah Bandung, napak tilas, makan-makan, bermusik sampai dengan nonton film bersama.

Urban Jedi

Urban Jedi adalah komunitas pecinta film series Hollywood, Star Wars. Namun yang menjadi pembeda dengan komunitas Star Wars lainnya adalah di Urban Jedi ini lebih menitikberatkan pada kesamaan akan rasa menyukai pedang cahaya atau yang biasa dikenal dengan istilah lightsaber. Tidak hanya sekadar sama-sama suka lightsaber saja, di komunitas satu ini, para anggotanya juga dilatih dan berlatih bersama untuk dapat menggunakan pedang cahaya itu dan kerap tampil di ajang-ajang cosplay.

Pecandu Buku

Dapat dikatakan bahwa komunitas satu ini memiliki anggota yang cukup banyak, bahkan ada yang berasal dari luar Bandung. Pecandu Buku merupakan suatu komunitas orang-orang yang gemar membaca buku yang mana diciptakan oleh seseorang bernama Fiersa Besari pada tahun 2014 lalu. Dari hanya beberapa orang saja, siapa sangka komunitas ini sekarang sudah memiliki banyak anggota. Bahkan follower di akun Instagram resminya saja sudah mencapai puluhan ribu.

Rick Coleman Written by:

Comments are closed.