7 Area Olahraga Populer di Bandung yang Dapat Digunakan

Selain terkenal dengan area umum yang benar-benar memanjakan warga atau orang yang berada di kota tersebut, Bandung juga memiliki beberapa tempat yang dijadikan sebagai sarana olahraga. Memang tidak jarang yang datang ke tempat tersebut hanya sekadar nongkrong saja atau cuci mata, namun banyak pula yang benar-benar datang untuk berolahraga. Berikut ini adalah beberapa ruang publik yang dijadikan sebagai sarana olahraga di Bandung.

  • Lapangan Gasibu

Lapangan Gasibu

Dulunya lahan yang dikenal dengan nama Lapangan Gasibu ini sedikit kumuh karena banyaknya pedagang kaki lima yang berjualan di sekitaran daerah tersebut. Namun pada tahun 2016 lalu, Lapangan Gasibu kemudian direvitalisasi secara total dan dibersihkan dari semua pedagang kaki lima agar terlihat lebih cantik dan rapi. Setelah itu, di pinggiran lapangannya juga dibangun jogging track berwarna biru yang sedikit kontras dengan lapangan rumput berwarna hijau.

  • GOR Saparua

GOR Saparua

Terletak di Jalan Ambon, GOR Saparua adalah salah satu tempat untuk berolahraga masyarakat Bandung dan sekitarnya selain Lapangan Gasibu. Sama seperti di Lapangan Gasibu, di sepanjang pinggiran GOR Saparua ini dijadikan arena jogging yang mana sangat nyaman dipakai walaupun pada saat siang hari. Pasalnya, di seputar arena jogging tersebut juga berdiri banyak pohon-pohon besar yang akan membuat daerah di bawahnya menjadi teduh dan dingin. Selain arena jogging, terdapat juga fasilitas olahraga lain, seperti lapangan basket dan voli serta track khusus untuk bersepatu roda.

  • Lapangan Sabuga

Lapangan Sabuga

Masih seperti 2 tempat di atas, Lapangan Sabuga juga arena olahraga yang dapat digunakan secara gratis oleh masyarakat di Bandung. Ada banyak fasilitas yang terdapat di Lapangan Sabuga, seperti jogging track, lapangan voli dan basket sampai dengan tenis. Jika sedang tidak ingin berolahraga, maka masyarakat yang datang ke Lapangan Sabuga dapat bersantai di bawah pohon yang terletak di sekitar arena tersebut.

  • Lapangan Supratman

Lapangan Supratman

Mungkin lapangan satu ini kurang begitu terkenal bagi orang luar Bandung dibandingkan dengan GOR Saparua, Lapangan Sabuga atau Lapangan Gasibu. Namun, Lapangan Supratman juga merupakan area olahraga umum yang disediakan oleh Pemerintah Kota Bandung untuk berolahraga dan juga untuk bersantai. Di tempat tersebut terdapat 6 buah lapangan futsal dan juga jogging track kecil.

  • Stadion Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Stadion Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Sebenarnya, stadion ini adalah sarana yang disediakan oleh pihak Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) sebagai tempat belajar dan mengajar civitas akademika mereka. Namun masyarakat umum tetap dapat menggunakan fasilitas Stadion UPI ini secara gratis. Ada banyak fasilitas olahraga yang terdapat di Stadion UPI ini, seperti lapangan softball, voli, basket, sepakbola, bulutangkis, tenis sampai dengan baseball.

  • Tegalega Bandung

Tegalega Bandung

Tegalega Bandung merupakan salah satu dari sekian banyak tempat menarik di Bandung. Tempat ini selalu ramai dikunjungi oleh masyarakat sekitar karena selain menjadi area untuk berolahraga, Tegalega Bandung juga menjadi tempat wisata bersejarah di Kota Kembang tersebut. Dikatakan sebagai tempat wisata bersejarah karena di tempat tersebut terdapat satu monumen Bandung Lautan Api yang menjadi bukti betapa gigihnya masyarakat Bandung dan sekitarnya melawan penjajah Belanda.

  • Saraga Institut Teknologi Bandung

Saraga Institut Teknologi Bandung

Sarana Olahraga Ganesha Institut Teknologi Bandung atau lebih sering disebut dengan singkatan Saraga ITB merupakan sarana olahraga yang dibangun dan dimiliki oleh ITB. Terletak di sekitar kawasan hutan kota Babakan Siliwangi, Saraga ITB ini juga dapat digunakan oleh masyarakat umum untuk berolahraga atau sekadar berjalan-jalan santai saja.

Rick Coleman Written by:

Comments are closed.